Rabu, 25 Oktober 2017

Cara Head Cleaning Printer Canon

Cara membesihkan Head Cleaning Printer Canon sendiri


Tidak akan selamanya printer yang anda gunakan dapat melakukan cetak yang sempurna. Ketika printer baru saja dibeli dan kemudian digunakan untuk mencetak dokumen, pasti hasil cetakannya akan sangat bagus. Ada saatnya dimana anda akan menemui masalah terhadap printer yang digunakan. Misalnya hasil cetakan printer yang putus-putus, hingga tinta yang tidak keluar. Jika tinta pada catridge tidak keluar, maka anda bisa melakukan Head Cleaning.

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan head cleaning dengan benar. Cara ini untuk menghindari kerusakan pada bagian printer lainnya atau lebih tepatnya mencegah kerusakan pada head. Harga head printer itu mahal sekali loh, bahkan harganya mencapai separuh dari harga printer. Maka dari itu anda perlu melakukan head cleaning dengan benar.

Ada banyak sekali jenis printer, tetapi untuk melakukan head cleaning hampir semuanya sama. Tujuan head cleaning itu sendiri adalah untuk menghindari tinta yang meluber dan juga untuk melancarkan lubang nozzle saat tinta keluar dari catridge ke head printer. Selain itu fungsi dari Head Cleaning adalah sebagai perawatan printer secara rutin agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Kenapa Head Cleaning Perlu dilakukan?

Baca Dulu;
Cara Reset printer Canon IP 1980/ IP 1900  
Tutorial Reset Printer Canon IP 2770/ IP 2700

Karena untuk membersihkan dan membuang tinta yang sudah mengendap dan menggumpal dibagian bawah catridge, sehingga nantinya tinta dapat keluar dengan lancar dan proses mencetak dokumen lebih maksimal.

Cara Melakukan Head Cleaning


1. Klik kanan pada Start >> Control Panel

2. Pilih View devices and printers

3. Akan muncul layar kerja Devices and Printers seperti pada gambar di bawah ini

4. Klik kanan pada icon printer yang sedang aktif kemudian pilih Printer properties.

5. Akan muncul layar kerja General yang bisa digunakan untuk melakukan Print Test Page.

6. Pindahkan ke tab Maintenance

Boleh melakukan Nozzle Check sebelum melakukan cleaning/Head Cleaning.

Cleaning : Melakukan pembersihan tinta yang lebih ringan.
Deep Cleaning : Melakukan pembersihan yang lebih mendalam untuk cleaning head.
Nozzle Check : Pengecekan Kondisi cetak yang sedang berlangsung.


  • Jika hasil cetak printer baru saja mengalami error dan tidak terlalu parah, disarankan menggunakan Cleaning biasa dan pada warna tertentu saja.
  • Jika hasil cetak sudah parah meskipun sudah melakukan Cleaning biasa, bisa dicoba dengan melakukan pembersihan secara Deep Cleaning.

7. Klik Cleaning >> Execute

8. Proses cleaning sedang berlangsung dan tunggu prosesnya hingga benar-benar selesai. Selanjutnya anda bisa melakukan Print Test Page (Seperti pada langkah ke-5)

Pembersihan ini bisa dilakukan secara berkala seminggu sekali atau seperlunya saja karena proses ini akan membuang tinta nantinya. Head Cleaning bisa anda lakukan ketika hasil cetak sudah tidak bagus padahal tinta masih dalam kondisi optimal.

Disaat anda melakukan Cleaning atau Deep Cleaning sebaiknya berikan jarak waktu beberapa menit atau sekitar 10-15 Menit. Hal ini untuk menghindari panas pada bagian catridge sehingga bisa terjadi kerusakan. Sekarang anda sudah banyak tahu tentang bagaimana melakukan Head Cleaning pada printer dengan benar, silahkan mencoba tips diatas dan semoga bermanfaat.

1 komentar:
Write komentar
  1. kalau pas deep cleaning keluar asap itu normal apa tidak

    BalasHapus